Implementasi Bahan Ajar Berbasis Kain Rentang dan Papan Nama Materi Membaca Cepat Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Muhammad Iqbal Arrosyad
Asyraf Suryadin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan 1) implementasi pembelajaran bahan ajar berbasis kain rentang dan papan nama materi membaca cepat dan 2) kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis kain rentang dan papan nama materi membaca cepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode peneltian adalah metode deskriptif. penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 24 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung. Data dalam penelitian ini adalah data hasil pengumpulan data tentang implementasi bahan ajar berbasis kain rentang dan papan nama materi membaca cepat. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yakni observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) implementasi pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis kain rentang dan papan nama dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu empat tahapan pembelajaran yaitu tahap perencanaan tindakan yang dilakukan untuk mempersiapkan RPP sesuai dengan waktu pelaksanaan, tahap pelaksanaan tindakan dengan pelaksanaan menggunakan bahan ajar berbasis kain rentang dan papan nama, tahap hasil pengamatan yang terdiri dari tindak mengajar dan tindak belajar, dan tahap refleksi. 2) kendala-kendala yang ditemui oleh guru pada saat pengimplementasikan bahan ajar berbasis kain rentang dan papan nama yakni dalam pelaksanaan masih kurang ada interaksi yang baik, siswa kurang terkontrol, dan perhatian siswa kurang terfokus.


 






Article Details

Section
Articles

References

Aida Fitri Rahman, Atmazaki, Abdurahman. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di Smp Negeri Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 7 (3) A 9-16.
Akoeanang (2009, 16 Februari) 6 Universitas Luar Negeri Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Diakses pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2019 Jam 14.02 WIB. http://emangmantep.com/6-universitas-luar-negeri-mata-kuliah-bahasa-indonesia.
Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Baysal, Z.N. (2017). The problem-based learning process: Reflections of pre-service elementary school teachers. AcademicJournals, 12(4), 177-188. DOI: 10.5897/ERR2016.3045.
Chumdari, Anitah, S., Budiyono, Suryani,N. (2018). Implementation of thematic instructional model in elementary school. International Journal of Educational Research Review. 3 (4), 23-31.
Cicek,V., Tok,H. (2013).Effective use of lesson plans to enhance education in U.S. and Turkish kindergarten thru 12th grade public school system: A comparative study. International Journal of Teaching and Education, II (2).
Efendy, OnongUchana. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya
Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Grabe, William dan Fredricka L. Stoller. (2002). Teaching and Researching Reading. New York: Longman.
Issufiah Dwi N, Sunardi, Sri Anitah W, Gunarhadi. (2018). The Implementatyion off Problem Based Learning Model (PBL) on Teachers and Students Grade Five Elementary Schools in Surakarta City. International Journal of Active Learning. 3 (2) pp 116-123
Lilik Muntari. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Bahasa Indonesia Untuk Kelas V Sd Dengan Model Dick dan Carey. MEDIA DIDAKTIKA, Vol. 2 (2) pp 175-182
Ming, Huang, Kuang. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education. Vol 13 (7) pp 3553-3564. DOI 10.12973/eurasia.2017.00744a
Nuraini, B. (2015). Risk Fators of Hypertension. Faculty of Medicine, University of Lampung. vol. 4, (5) pp. 11.
Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Sugiono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.
Trianto. (2010). Mengembangkan model pembelajarantematik. Jakarta: Prestasi Utama.
Wenny Wijayanti, Ida Zulaeha, dan Rustono. (2015) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X Sma/Ma. Seloka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4 (2) pp 94-101.