Pengembangan Media Audio Menyimak Tematik Berbasis Fitrah Bagi Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Muhamad Fakhrur Saifudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membangkan media audio keterampilan berbahasa menyimak tematik berbasis fitrah siswa sekolah dasar; (2) mengetahui kelayakan media audio keterampilan berbahasa menyimak tematik berbasis fitrah siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) langkah yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil penelitian didapatkan bahwa berdasarkan uji kelayakan yang didasarkan dari validator ahli materi, pembelajaran, dan kebahasaan dinyatakan bahwa media menyimak audio tematik berbasis fitrah dengan kriteria “sangat sesuaiâ€. Hasil uji coba lapangan menunjukkan kelayakan media sebagai sarana pembelajaran tematik SD sebesar 86,5% sehingga dapat dijadikan alternatif dalam pemilihan media pembelajaran menyimak.

Article Details

Section
Articles

References

Arono. 2013. “Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Menyimak Melalui Teknologi Informasi”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol 13, No 2. Diakses 30/8/2018.
Asmar, Yustahzah dan Havid Ardi. 2013. “Listening Media Application in preparing listening material”. Lingua Didaktika Vol 6 No 2. Diakses 30/8/2018
Becker, S. (2013). Effect of Audiovisual Media on The Acquisition of Listening Comprehension in French. ProQuest Dissertations Publishing, Vol 51.3.
Fawzi, Ary. 2016. “Pengembangan Alat penilaian pembelajaran menyimak eksposisi kelas X SMA”. Jurnal Bahasa dan Seni. No. 2 Vol 44. Diakses 30/8/2018
Gawi, E. M. (2015). The Application of X.Class Teacher Program to Enhance Students’ Listening and Speaking Skills in Al Baha University. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 8(3):430-443.
Guzali, H. (2014). Peningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN 01 Kecamatan Botumoito kabupaten Bolalemo. Gorontalo: Universitas Gorontalo.
Iskandarwassid, D. S. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, Muhammad. 2004. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahayu, I. (2013). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Menggunakan Media Audio Visual Kelas V SD. Jurnal PGSD Surabaya, 1(2).
Rouhollah, N. A. (2011). The Effectiveness of Audio and Video Documents in Developing Listening Comprehension Skill in a Foreign Languange. International Jurnal English Linguistic, 115-125.
Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, da Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Safranj, J. (2015). Advancing Listening Comprehension Through Movies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 169-173.
Solichin, Mohammad Muchlis. 2007. “Fitrah: Konsep dan Pengembangannya dalam Pendidikan Islam”. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. Diakses 30/8/2018
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Diandra Primamitra.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tegeh, I M. dan I M. Kirna. 2010. Laporan Penelitian Puslit. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan Dengan ADDIE Model (Tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.